Dosen

Profil Suyadi

Nama : Prof. Dr. H. Suyadi, S.Ag., M.A.
Program Studi : S2 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Guru Besar | IV/B
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Prof. Dr. H. Suyadi, S.Ag., M.A. Di Semester Genap TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Metodologi Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini: Kualitatif, Kuantitatif, Pengembangan 4 WAJIB 2A SEN 11:35-12:55 R: PPG-401#RAB 08:50-10:30 R: PPG-103
2. Seminar Proposal Tesis 4 WAJIB 2A SEN 07:00-08:40 R: PPG-406#KAM 07:00-08:40 R: PPG-103
3. Seminar Proposal Tesis 2 WAJIB 3A SEL 11:35-13:15 R: PPG-405
4. Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dan Kewirausahaan 4 PILIHAN B SEL 08:50-10:30 R: PPG-106#RAB 07:00-08:40 R: PPG-106

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Negeri Malang Psikologi Pendidikan M. Ag. 2014
2. S2 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Studi Islam S.Pd.I. 2003
3. S1 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Prodi Pai Dr. 2001

# TAHUN KARYA
Buku Referensi
1 2022 Model Pendidikan Karakter di Sekolah . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga.
https://piaudmagister.uin-suka.ac.id/id/dokumen
Jurnal Ilmiah
2 2025 The Concept of Islamic Inclusive Education in Early Childhood (Critical Analysis of STEAM Learning Model) . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://www.ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna...
3 2024 PENDIDIKAN AUD: Berpikir Kritis Berbasis Flip Chart Gambar Seri . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Dinas Dikpora DIY.
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalidegu...
4 2024 Transforming Islamic higher education institutions in Indonesia from “institutes/ colleges” into “universities”: Globalization or glocalization? dalam Transforming Islamic higher education institutions in Indonesia from “institutes/ colleges” into “universities”: Globalization or glocalization?. Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh SAGE Publications Ltd.
https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/08920206241268506
5 2024 Trampolin Asesmen Kelas Perspektif Guru . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Faculty of Teacher Training and Education Djuanda University of Bogor.
https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/85-102
6 2024 Application of Multiple Intelligences in Developing Creativity Of Lazuardi High School Students in Depok . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.
https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/3458/...
7 2023 Children's Future Adversity: Learning Loss Risk during Online Learning in Covid-19 Pandemic dalam Children's Future Adversity: Learning Loss Risk during Online Learning in Covid-19 Pandemic. Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Gate Association for Teaching and Education.
https://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2023_2_25.pdf
8 2022 Dampak Pembelajaran Daring pada Perkembangan Psikososial Anak Saat Pandemi COVID-19 . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2349/pdf
9 2022 Online learning and child abuse: the COVID-19 pandemic impact on work and school from home in Indonesia . Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Elsevier.
https://www.cell.com/action/showPdf?pii=S2405-8440%2822%2900...
10 2022 Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1959/pdf
11 2022 Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1889/pdf
12 2021 Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1567
13 2021 Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://aulad.org/index.php/aulad/article/view/98
14 2021 The Application of Abraham Maslow's Hierarchical Theory in Islamic Education Learning at Tamanan Elementary School Bantul . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/v...
15 2020 Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/6339...
16 2020 PERMAINAN SIDEWALK CHALK UNTUK MELATIH PERKEMBANGAN MOTOR KASAR ANAK USIA DINI . Tingkat Nasional.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/vie...
17 2020 IMPLEMENTASI PERMAINAN JUMP COUNT MELALUI ABACUS TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI . Tingkat Nasional.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/vie...
18 2020 Improving The Quality of Early Childhood Education Through Branding Management dalam Improving The Quality of Early Childhood Education Through Branding Management. Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Scopus.
http://www.ijstr.org/final-print/jan2020/Improving-The-Quali...
19 2020 Penggunaan Metode Show and Tell melalui Media Magic Box untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa dalam Pendidikan Anak Usia Dini . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/...
20 2020 Pengembangan Kurikulum Berbasis Nusantara dan Internasional di PAUD Fastrack Funschool Yogyakarta . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Program Studi PIAUD UIN Sunan Ampel Surabaya.
http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCED/article/view/50...
21 2020 Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Humanistik dengan Pendekatan Active Learning di SDN Nugopuro Gowok . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/jpai/artic...
22 2020 EKSPERIMEN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN WATERBOOM MINI . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/364...
23 2020 PEMBELAJARAN SOMAMUN MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI DI TK SIMAHATE TAKENGON . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/art...
24 2020 PEMBELAJARAN SOMAMUN MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI DI TK SIMAHATE TAKENGON . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/art...
25 2020 Implementation of The Classical Conditioning in PAI Learning dalam Implementation of The Classical Conditioning in PAI Learning. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Mataram.
http://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/view/2024...
26 2020 Penerapan Teori belajar Behavioristik dalam Pembelajaran PAI . Tingkat Nasional.
http://journal.ilininstitute.com/index.php/konseling/article...
27 2020 Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini dalam Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/345/pdf
28 2020 Analisis Perkembangan kognitif siswa pada pemahaman konsep matematika kelas V SDN Maguwoharjo dalam Analisis Perkembangan kognitif siswa pada pemahaman konsep matematika kelas V SDN Maguwoharjo. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh PGSD UPI Bandung.
https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view...
29 2020 ANALISIS PERKEMBANGAN SENI KREATIVITAS SISWA KELAS RENDAH MUHAMMADIYAH PAJANGAN 2 YOGYAKARTA dalam ANALISIS PERKEMBANGAN SENI KREATIVITAS SISWA KELAS RENDAH MUHAMMADIYAH PAJANGAN 2 YOGYAKARTA. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Jurusan PGMI Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view...
30 2020 Diagnosa Diskalkulia Generasi Alpha: Masalah dan Perkembangannya dalam Diagnosa Diskalkulia Generasi Alpha: Masalah dan Perkembangannya . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh STKIP Muhammadiyah Enrekang, Indonesia, Sulawesi.
https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/278/173
31 2020 WAYANG ORANG DAN CELEMEK BERGAMBAR UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN DAN ADAB dalam WAYANG ORANG DAN CELEMEK BERGAMBAR UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN DAN ADAB. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Pusat Studi Pendidikan Kreativitas Anak Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto.
http://educreative.id/index.php/edu/article/view/6/6
32 2019 Analisis Perkembangan Nilai Agama-Moral Siswa Usia Dasar (Tercapai) Studi Kasus di MI Ma’arif Bego dalam Analisis Perkembangan Nilai Agama-Moral Siswa Usia Dasar (Tercapai) Studi Kasus di MI Ma’arif Bego. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Pascasarjana IAIN Mataram.
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/...
33 2019 Membangun Kemandirian Anak Usia 2-4 Tahun Melalui Toilet Training (Studi Kasus di KB Griya Nanda Yogyakarta) dalam Membangun Kemandirian Anak Usia 2-4 Tahun Melalui Toilet Training (Studi Kasus di KB Griya Nanda Yogyakarta). Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh UIN Mataram .
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/IEK/article/view/...
34 2019 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia Dasar Dalam Proses Pembelajaran dalam Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia Dasar Dalam Proses Pembelajaran. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh UIN Ar Raniry Aceh.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view...
35 2019 Supporting Six Aspects of Development of Children 3-6 Years Through Educational Educative Tools Smart Book dalam Supporting Six Aspects of Development of Children 3-6 Years Through Educational Educative Tools Smart Book. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Jurusan PG PAUD Universitas Negeri Semarang.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/vie...
36 2019 Services To Children With Developmental Delays In Early Childhood Education dalam Services To Children With Developmental Delays In Early Childhood Education. Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Scopus.
http://www.ijstr.org/final-print/oct2019/Services-To-Childre...
37 2019 Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar SD dalam Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar SD. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Jurusan PGMI Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view...
38 2019 Perkembangan Kognitif Tercapai pada Anak Sekolah Dasar MIN 1 Bantul Yogyakarta dalam Perkembangan Kognitif Tercapai pada Anak Sekolah Dasar MIN 1 Bantul Yogyakarta. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh P3M STAIN Sorong.
http://e-jurnal.stainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/artic...
39 2019 ANALISIS PERKEMBANGAN NILAI AGAMA-MORAL SISWA USIA DASAR dalam ANALISIS PERKEMBANGAN NILAI AGAMA-MORAL SISWA USIA DASAR. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung.
http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/arti...
40 2019 Peranan Maket Pintarku untuk Aspek Perkembangan Anak di TK ABA Kalangan Bantul DIY dalam Peranan Maket Pintarku untuk Aspek Perkembangan Anak di TK ABA Kalangan Bantul DIY. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh PG PAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan.
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/8...
41 2019 Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Tercapai pada Usia Dasar di MIN 2 Sleman Yogyakarta dalam Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Tercapai pada Usia Dasar di MIN 2 Sleman Yogyakarta. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh P3m STAIN Sorong.
http://e-jurnal.stainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/artic...
42 2019 Metode Demonstrasi sebagai Peningkatkan Perkembangan Kognitif Anak dalam Metode Demonstrasi sebagai Peningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/...
43 2019 Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi 4.0. Dengan Pendekatan Humanistik di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi 4.0. Dengan Pendekatan Humanistik di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam, STAIAN Purworejo.
http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article...
44 2019 Perkembangan Fisik Motorik Anak usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta) dalam Perkembangan Fisik Motorik Anak usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh UIN Mataram .
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/v...
45 2019 PERKEMBANGAN NILAI AGAMA-MORAL TIDAK TERCAPAI PADA ANAK USIA DASAR: STUDI KASUS di KELAS VB SD MUHAMMADIYAH KARANG BENDO YOGYAKARTA dalam PERKEMBANGAN NILAI AGAMA-MORAL TIDAK TERCAPAI PADA ANAK USIA DASAR: STUDI KASUS di KELAS VB SD MUHAMMADIYAH KARANG BENDO YOGYAKARTA. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh JPI API-HIMPSI.
http://jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/view/69
46 2019 Strategi Guru PAI dalam Pembelajaran Hadits di SMAN 1 Teladan Yogyakarta dalam Strategi Guru PAI dalam Pembelajaran Hadits di SMAN 1 Teladan Yogyakarta. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh IAIN Pekalongan.
http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaisla...
47 2018 PERKEMBANGAN FISIK-MOTORIK SISWA USIA DASAR: MASALAH DAN PERKEMBANGANNYA dalam PERKEMBANGAN FISIK-MOTORIK SISWA USIA DASAR: MASALAH DAN PERKEMBANGANNYA. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/27...
48 2018 PERKEMBANGAN FISIK-MOTORIK SISWA USIA DASAR: MASALAH DAN PERKEMBANGANNYA . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/27...
49 2018 Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara dalam Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/...
50 2017 Pengembangan Kecerdasan Linguistik (Berbahasa Inggris) melalui Pendekatan BCCT dalam Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Golden Age.

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2016 Perencanaan dan Asesmen Perkembangan pada PAUD di Yogyakarta.
2 2015 Mapping Standar Mutu Lembaga PAUD di Yogyakarta.

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2020 PERENCANAAN DAN ASESMEN PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA DINI.
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/index.php/hakcipta/WDlVUjN...

# TAHUN KARYA
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
1 2024 Penumbuhan Parenting Kebangsaan Tahun 2024: Pola Asuh Ideal dengan Mengutamakan Hak Anak dan Penanaman Paham Anti Bullying Sejak Usia Dini (Insidental).
Pengurus Yayasan
2 2022 Ketua Dewan Pembina Yayasan Insan Mulia Semesta .