Dosen

Profil Erni Munastiwi

Nama : Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM.
Program Studi : S2 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Guru Besar | IV/D
Email : -
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM. Di Semester Genap TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dan Kewirausahaan 4 PILIHAN A KAM 10:40-12:20 R: PPG-406#JUM 08:50-10:30 R: PPG-105

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Dr. 2010
2. S2 Universitas Jenderal Soedirman Magister Manajemen M.M. 2000
3. S1 IKIP PGRI Bojonegoro Pendidikan Dunia Usaha Dra. 1990

# TAHUN KARYA
Buku Referensi
1 "Manajemen Lembaga PAUD untuk Pengelola Pemula " dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini . Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama dengan CV. Istana Agency.
http://digilib.uin-suka.ac.id/36581/
2 2021 Model Pendidikan Multikulturan Untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Pustaka Pelajar .
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42603/
Conference Paper
3 Marketing Management of Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Islamic Elementary School . Pada Proceedings of The 6th International Congress on Interdisciplinary Behavior and Social Sciences . Diterbitkan oleh ICIBSoS .
4 Approaches in The Implementation of Character Education . Pada Proceeding of the 1st International Conference on Character Education . Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sultan Abdurrahman Riau bekerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) .
5 Conceptions of Ecopreneurship Education To Childhood . Pada Proceeding Internasional Seminar Education Transformation Toward Excellent Quality Based on ASEAN Community Characteristics . Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yk bekerjasama dengan Lentera Kreasindo Yogyakarta .
6 Javanesse Cultural School” (JCS) untuk Anak Usia Dini: Sebuah Konsepsi untuk Mengembalikan Karakter Lokal . Pada Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran . Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Jombang .
7 Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini di Era Digital: Studi Kasus di RA Ar Rafif, Kalasan, Sleman, Yogyakarta . Pada Procedings of Islamic early Chilhood Education . Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah .
8 The Implementation of Science Learning Model Based Child Friendly Scholl in SDN 1 Ampenan Mataram City . Pada Proceedings Of The 5th International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences (5th ICRIEMS) . Diterbitkan oleh FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta .
9 Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng (Modifikasi) di RA Ar Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta . Pada Procedings of Islamic early Chilhood Education . Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah .
10 The Implementation of E-Learning in Learning Process . Pada Proceeding 2nd International Seminar of Teaching Excellence & Innovation . Diterbitkan oleh Faculty of Education University of Malaya Kuala Lumpur Malaysia, .
Jurnal Ilmiah
11 Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) . Pada Manageria . Diterbitkan oleh prodi manajemen pendidikan islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
12 Pengelolaan Pendidikan Karakter Relegius melalui metode pembiasaan di Taman Kanak-kanak . Tingkat Nasional. Pada Golden Age . Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga .
13 Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta . Pada Golden Age . Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
14 Manajemen Perpustakaan Efektif dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak . Tingkat Nasional. Pada Golden Age . Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
15 Manajemen Model Pembinaan kelompok guru PAUD Model Multi Workshop . Tingkat Nasional. Pada Al-Athfal . Diterbitkan oleh prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .
16 Islamic Education In Indonesia and Malaysia:Comparison Of Islamic Education Learning Management Implementation . Tingkat Nasional. Pada Pendidikan Islam . Diterbitkan oleh Faculty of Education and Teaching Science State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta .
17 Entrepreneurship and Livelihood Restoration at Disaster Hit Area of Sindh Pakistan Through Government Support . Tingkat Internasional Bereputasi. Pada Advanced Science Letters. Diterbitkan oleh American Scientific Publishers .
18 The Management Model of Vocational Education Quality Assurance Using’Holistic Skills Education (Holsked) . Tingkat Internasional. Pada Procedia . Diterbitkan oleh Elsevier Ltd .
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S187704281...
19 "Entrepreneurship and Livelihood Restoration at Sindh Pakistan: Mediating Role of Firm Performance " . Tingkat Internasional. Pada . Diselenggarakan oleh Advanced Science Letters . Diterbitkan oleh American Scientific Publishers .
https://www.ingentaconnect.com/content/asp/asl/2017/00000023...
20 Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Tauhid (Studi Kasus PAUD Ababil Kota Pangkalpinang) . Tingkat Nasional. Pada Al-mudarris . Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya .
21 Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) . Tingkat Nasional. Pada Al-Athfal . Diterbitkan oleh Prodi PGRA Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan Asosiasi Prodi PGRA .
http://ejournal.uin-suka.ac.id
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/i...
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/a...
22 Parenting Program To Improve Quality Learning In Institutions of Early Childhood Education (Case At Tk At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Madura) . Tingkat Nasional. Pada Indria . Diterbitkan oleh Program of Earlychildhood Department Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Ponorogo .
23 Implementasi Manajemen Pembelajaran Inklusi Berbasi Budaya Lokal di TK Laboratori Pedagogia UNY Yogyakarta . Tingkat Nasional. Pada Islamic early Childhood Education . Diterbitkan oleh Association of Indonesian Islamic Kindergarten Teachers Education Study Program .
24 Manajemen Model Pembinaan kelompok guru PAUD Model Multi Workshop . Tingkat Nasional. Pada Al-Athfal . Diterbitkan oleh prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .
25 Manajemen Makanan Sehat di PAUD . Pada Golden Age . Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
26 Implementation of Multicultural Education for Class B, Raudlatul Athfal Ar Rafif, Kalasan Yogyakarta Indonesia . Tingkat Internasional. Pada Internasional IJET. Diterbitkan oleh Science Publishing CorporationPublisher of International Academic Journals .
https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/issue/view/380
27 2024 Manajemen Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi Pada Anak 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Qur’an Training Centre Al- Mady Yogyakarta) . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article...
28 2024 INOVASI DALAM PENGAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL . Tingkat Nasional.
https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/ibtida/article/v...
29 2023 METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK USIA DINI . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/art...
30 2021 The Use of Spices as a Media to Stimulate Children’s Critical Thinking Ability while Study From Home Period . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/3...
31 2021 The Impact of Islamic Religious Education on the Development of Early Childhood Religious and Moral Values During the COVID-19 Pandemic in Indonesia and Malaysia . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/380...
32 2021 The Influence Of Assignment Methods On The Development Aspects Of Religious And Moral Values Of Early Childhood During The Covid-19 Pandemic . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/articl...
33 2021 Managing Education in The Era of Global Pandemic: Seeking the Best Strategy to Carry Out Natural Science Teaching In 4th Grade Elementary School . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/...
34 2021 Unprepared management decreases education performance in kindergartens during Covid-19 pandemic . Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Elsevier.
https://www.cell.com/action/showPdf?pii=S2405-8440%2821%2901...
35 2021 Strategi Kreatif Guru Seni Budaya Di Tengah Pandemi Covid-19 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jehss/article/...
36 2021 Program Human resource Development untuk Mengembangkan Kompetensi Pendidik pada PAUD Mutiara Bantul, Yogyakarta . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/vie...
37 2021 MODEL KEBIJAKAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM DI INDONESIA ERA PANDEMI COVID-19 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article...
38 2021 The Comparison on 21st Century Skills of Early Childhood in Four Schools in Yogyakarta . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/vie...
39 2021 Portrait Analysis of Early Childhood Education in Cities and Villages: The COVID-19 Pandemic Era . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article...
40 2021 Adaptation of Teaching-Learning Models Due to Covid-19 Pandemic: Challenge Towards Teachers Problem-Solving Skills . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/...
41 2020 Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/vi...
42 2020 Peran Manajemen Perpustakaan Dalam Menyukseskan Program Literasi Di Lembaga PAUD . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/397...
43 2020 Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Meningkatkan Profesionalisme Guru . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1...
44 2020 Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Kesehatan Mental Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/art...
45 2020 Colorful Online Learning Problem of Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/articl...
46 2020 Measuring the Level of Agreement on the Development of Sustainable Framework for TVET Teacher Education Program in Malaysia . Tingkat Internasional Bereputasi.
https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/vie...
47 2020 Strategi Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Di Era Pandemi Covid-19 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/glasser/article/...
48 2020 Studi Kasus Lingkungan Keluarga Di Desa Pejanggik : Pola Pembiasaan Pemecahan Masalah Bagi Anak Usia Dini . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/vie...
49 2020 ANALISIS PERENCANAAN DALAM MANAJEMEN PENDIRIAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI . Tingkat Nasional.
https://leaderia.iain-jember.ac.id/index.php/ldr/article/vie...
50 2020 TVET TEACHER EDUCATOR'S CRITERIA AND ROLES FOR SUSTAINABLE TVETTEACHER EDUCATION PROGRAM dalam TVET TEACHER EDUCATOR'S CRITERIA AND ROLES FOR SUSTAINABLE TVETTEACHER EDUCATION PROGRAM. Tingkat Internasional.
http://www.jcreview.com/
51 2017 Pengembangan Kreatifitas Keberbakatan di PAUD Griya Bermain Pangkal Pinang Bangka dalam Al-Athfal.

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2015 Model Penjaminan Mutu Pendidikan Tingkat Rhaudatul Athfal (RA). Studi Kasus RA di D.I. Yogyakarta..

# TAHUN KARYA
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
1 2024 Pengembangan Kurikulum Dan Pengembangan Diri (Terjadwal < 1 semester).
2 2024 O b s e r v a s i P r a k t e k M e n g a j a r & M o ti v a s i G u r u (Terjadwal < 1 semester).
3 2023 Sosialisasi kinerja dan motivasi guru (Terjadwal < 1 semester).
4 2023 Memberi Pelatihan Guru Mengajar (Insidental).
5 2022 Menjadi Narasumber Pelatihan dan Pendampingan bagi Guru SD & TK di Lingkungan Yayasan Teladan Prima (Terjadwal < 1 semester).
6 2021 Narasumber Pelatihan dan Pendampingan Kepala Sekolah TK dan SD di Sekolah Binaan Yayasan Teladan Prima. Area I: Talisayan, Berau, Kaltim; Area II: Kutim I, Kutim, Kaltim; Area III: Kutim III, Kutim, Kaltim; Area III: CAP, Kukar, Kaltim. .
7 2021 Narasumber Pelatihan dan Pendampingan Kepala Sekolah TK dan SD di Sekolah Binaan Yayasan Teladan Prima. Area I: Talisayan, Berau, Kaltim; Area II: Kutim I, Kutim, Kaltim; Area III: Kutim III, Kutim, Kaltim; Area III: CAP, Kukar, Kaltim. (Terjadwal ≥ 1 semester).
8 2020 Pendampingan dan Pelatihan di Sekolah Kebun Sawit (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
9 2018 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
10 2017 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
11 2017 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
12 2016 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
13 2016 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
14 2015 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
15 2015 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
16 2015 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .