Dosen

Profil Endang Sulistyowati

Nama : Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Program Studi : PROFESI - Program Profesi Guru
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor Kepala | III/D
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I. Di Semester Genap TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Inovasi Pembelajaran 4 WAJIB 1D SEN 09:40-13:00 R: PPG-205
2. Inovasi Pembelajaran 3 WAJIB D SEN 07:00-09:30 R: PPG-205
3. Pengelolaan Administrasi Pembelajaran 2 WAJIB 1D SEL 09:40-11:20 R: PPG-205
4. Pengelolaan Administrasi Pembelajaran 3 WAJIB D SEL 07:00-09:30 R: PPG-205
5. Pengembangan Kompetensi Pedagogik 4 WAJIB 1D RAB 12:30-15:50 R: PPG-205
6. Pengembangan Kompetensi Pedagogik 6 WAJIB D RAB 07:00-12:00 R: PPG-205
7. Pengembangan Kompetensi Profesional 4 WAJIB 1D KAM 12:30-15:50 R: PPG-205
8. Pengembangan Kompetensi Profesional 6 WAJIB D KAM 07:00-12:00 R: PPG-205
9. Penyusunan Perangkat Pembelajaran 4 WAJIB 1D SEL 12:30-15:50 R: PPG-205
10. Penyusunan Perangkat Pembelajaran 6 WAJIB D SEN 13:10-18:10 R: PPG-205

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Negeri Yogyakarta Ilmu Pendidikan - Pendidikan Matematika Dr. 2023
2. S2 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah M.Pd.I. 2013
3. S1 Universitas Gadjah Mada Mipa Matematik Dr. 1992

# TAHUN KARYA
Conference Paper
1 2016 Edutainment dalam Pembelajaran Matematika SD dengan Memanfaatkan Permainan Tradisional Jawa . Tingkat Internasional. Pada International Conference on Elementary and Teacher Education “To Excel in Teaching and Learning for Global Competence”. Diselenggarakan oleh Hamzanwadi University, Lombok, Indonesia.
http://lib.um.ac.id/index.php/2016/12/13/proceeding-icete-20...
Jurnal Ilmiah
2 2024 Meta-Analysis of investigation of the flipped classroom model on students' high order thinking skills (HOTS) mathematics: Analysis of combined effects and heterogeneity . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/vie...
3 2024 Does Resilience Affect Students' Psychological Distress in Indonesia? A Meta-Analysis Study . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/2...
4 2024 Does Resilience Affect Students' Psychological Distress in Indonesia? A Meta-Analysis Study . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/2...
5 2024 Flipped Classroom Model: Minimizing Gaps in Understanding Mathematical Concepts for Students with Different Academic Abilities . Tingkat Internasional terindeks pada IEEE Explore dan SPIE.
https://www.ejmse.com/flipped-classroom-model-minimizing-gap...
6 2023 Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar: Analisis Efektivitas dan Heterogenitasnya . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/78627
7 2023 Meta-Analysis of Flipped Classroom on Students' Mathematics Abilities: Effectiveness and Heterogeneity Analysis . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/274...
8 2023 Meta-analysis Study of the effectiveness of the ethnomathematical approach on Students’ Achievement . Tingkat Internasional Bereputasi.
https://www.pegegog.net/index.php/pegegog/article/view/2553
9 2023 THE EFFECTIVENESS OF ETHNOMATEMATICS BASED LEARNING ON MATHEMATICS ABILITY OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS: A META-ANALYISSTUDY . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jurnal.albidayah.id/home/article/view/879
10 2018 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK SISWA SD/MI DI BANTUL . Tingkat Nasional.
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/art...
11 2015 Implementasi Kurikulum 2013 di Kelas IV MIN Yogyakarta II . Tingkat Nasional.
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/71
12 2015 Analisis Kesalahan Mengerjakan Soal Geometri pada Siswa Kelas V SD/MI di Kota Yogyakarta . Tingkat Nasional.
http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/2517
13 2014 Penggunaan Permainan dalam Pembelajaran Perkalian di Kelas II SD/MI . Tingkat Nasional.
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/135

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2015 Implementasi Kurikulum 2013 di Kelas IV MIN Yogyakarta II.

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2024 Pembelajaran Matematika Interdisipliner Berbasis Proyek Terintegrasi Islamic Environmental Ethics (IEE): Lembar Kerja Peserta Didik. Diterbitkan oleh Kemenkumham.
https://drive.google.com/file/d/1-Rnnsr0OaOoNyXvcO9nHgpFVbc3...
2 2022 Buku Latihan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Literasi Numerasi Kelas 5 SD/MI . Diterbitkan oleh Kemenkumham.
https://drive.google.com/drive/folders/1PYQb9Ok9RcCOocOcIak6...

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2024 Reviewer Jurnal MATH DIDACTIC Tahun 2024 .
2 2023 Reviewer Jurnal Math Didactic .
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
3 2023 Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Grojogan, Bantul (Insidental).
4 2023 Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 3 Bantul (Insidental).
5 2023 Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Bantul (Insidental).
6 2023 Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 1 Bantul (Insidental).
7 2023 Narasumber PKDP Materi Penyusunan RPS (Insidental).
8 2022 Reviewer Penelitian Tindakan Kelas Guru-Guru SD Muhammadiyah Kleco, Yogyakarta (Insidental).
9 2021 Pendampingan Akreditasi Sekolah MTsM Bantul (Insidental).
10 2021 Pendampingan Akreditasi Sekolah MTsM Bantul (Insidental).
11 2021 Reviewer Jurnal Math Didactic (Sinta 3) (Insidental).
12 2021 Asesor Sekolah BANSM DIY (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
13 2024 Visitasi Akreditasi KB Islam Tunas Melati (Bidang keahlian).
14 2024 Dosen Pamong Pendamping Riset dan Praktek Pembelajaran Program Magister (S-2) Program Studi Pendidikan Dasar UNY (Bidang keahlian).
15 2024 Dosen Pamong Pendamping Riset dan Praktek Pembelajaran S2 Pendidikan Dasar UNY (Bidang keahlian).
16 2023 Validator ahli penelitian mahasiswa S3 di UNY (Bidang keahlian).
17 2023 Visitasi Akreditasi Tahap 2 Tahun 2023 (Bidang keahlian).
18 2023 Visitasi Akreditasi Sekolah (Bidang keahlian).
19 2023 Pengelola Jurnal Math Didactic (Bidang keahlian).
20 2022 Asesor Sekolah (Kegiatan yang setara dengan 50 jam kerja per semester).
21 2022 Asesor Sekolah (Kegiatan yang setara dengan 50 jam kerja per semester).
22 2015 Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah dan Menejemen Kelas bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta .
23 2015 Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Multiple Intelligences untuk Siswa SD/MI di Bantul .

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah
1 2024 Training in Writing Scientific Articles Of Scopus Standart Journal . Pada pertemuan Training in Writing Scientific Articles Of Scopus Standart Journal.
2 2024 International Webinar on Mathematics in Culture: The Role of Culture in Increasing Appreciation and Motivation to Learn Mathematics . Pada pertemuan International Webinar on Mathematics in Culture.
3 2024 Pelatihan Penggunaan SEM dalam Penelitian .
4 2021 Malang Educational Practices Sharing (MEPS) . Pada pertemuan Malang Educational Practices Sharing (MEPS) Online Faorum.
5 2021 Creating Learning Ownership-Webinar Series .
Narasumber
6 2021 Pelaksanaan VCT Batch 7 . Pada pertemuan VCT Batch 7.