Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring bagi Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19
Wabah Corona atau Covid-19 yang tejadi sejak tahun 2019 berdampak pada psikologi dan tingkah laku manusia, termasuk sistem pendidikan di Indonesia, yang sifatnya lebih luas dalam rentang waktu yang tidak sebentar. Pada masa ini, guru dananak didik harus beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring dan/atauluring dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring dan luring bagi anak usia dinipada masa pandemi Covid-19, khususnya di PAUD As-Shofa Tembilahan Hulu T.A. 2020/2021. Penelitian ini menggunakanpendekatan deskriftif kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah dan guru PAUD As-Shofa Tembilahan Hulu. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi model Miles dan Hiberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD As-Shofa Tembilahan Hulu menggunakan berbagai pendekatan dalam pembelajaran daring dan/atauluring di masa pandemi yang meliputi: kunjungan Rumah (Home Visit), Belajar Tatap Muka Terbatas, dan Belajar Dari Rumah.